-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Padang Pariaman

https://www.mardatanews.com/2024/01/hadiri-malam-syukuran-bersama.html

Tag Terpopuler

Bupati Padang Pariaman Terima Audiensi Rencana Aksi Daerah Pembangunan Berketahanan Iklim PKBI Sumatera Barat

Kamis, 16 November 2023 | November 16, 2023 WIB Last Updated 2023-11-16T04:09:52Z

     Berita bulan 9/2023

Mardatanews. com. Paritmalintang, - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, menerima audiensi dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sumatera Barat terkait Rencana Aksi Daerah Pembangunan Berketahanan Iklim (RAD-PBKI) di Kabupaten Padang Pariaman. Audiensi berlangsung di Ruang Kerja Bupati Padang Pariaman, Kawasan IKK Paritmalintang pada Selasa, (11/09).


Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyambut baik audiensi tersebut. Dalam sambutannya ia mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman berkomitmen untuk mendukung implementasi RAD-PBKI yang mengusung program VICRA tersebut.


"Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan mendukung implementasi RAD-PBKI secara penuh. Kami akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berketahanan iklim," ungkapnya.


Lebih lanjut ia berharap, program VICRA dapat berdampak jangka panjang untuk Nagari dampingan di Padang Pariaman. Melalui koordinasi dan sinergi dari berbagai pihak terkait, pembangunan Padang Pariaman berbasis lingkungan dan terintegrasi dengan program prioritas lainnya di Padang Pariaman dapat terwujud.


"Sebagai bentuk keseriusan Pemda dalam mendukung pembangunan berbasis lingkungan yang terintegrasi, selanjutnya akan dituangkan dalam Peraturan Bupati," ungkapnya.




Dikesempatan yang sama, Wakil Ketua Bidang Kebencanaan Hidayat menyampaikan, RAD-PBKI merupakan dokumen perencanaan pembangunan yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim. RAD-PBKI dirumuskan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, akademisi, dan organisasi masyarakat.


Ia juga menuturkan, saat ini PKBI melalui Program VICRA telah melakukan pendampingan terhadap 2 (dua) nagari di Padang Pariaman. Adapun 2 (dua) nagari tersebut adalah Nagari Padang Toboh Ulakan dan Nagari Kampung Galapung.


"Kita telah dampingi dua Nagari tersebut berupa, assesmen, kajian kerentanan, ancaman, dan kebutuhan, diskusi, pelatihan penentuan curah hujan, pemanfaatan lahan, pengolahan pupuk organik, pengenalan teknologi pertanian dan demplop percontohan," paparnya. 


Audiensi yang berlangsung penuh keakraban ini turut dihadiri oleh Kepala Stasiun BMKG Sumatera Barat dan Kepala Dinas terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Sementara itu Wakil Ketua Bidang Kebencanaan Hidayat didampingi oleh District Coordinator VICRA dan Staf Officer VICRA PKBI Sumatera Barat.

(**)

×
Berita Terbaru Update